Monday, December 17, 2018

Juara Itu 1


Sumber: Buku 200 Quotes Pembingkai Mimpi karya Mulyono
“Juara yo 1” 
(juara itu ya juara 1 yang lain bukan juara), ujar pak Rossy pembimbing tim roket air SMP 4 Pekalongan saat memberi motivasi kepada anak asuhnya dikejurda Roket Air Jateng 2015 di Semarang, saat itu kami hanya bisa gembira dijuara 2. Juara itu 1, kata-kata itulah yang terus terniang dikepalaku untuk bisa saya tuangkan dan wujudkan bersama tim saya.
            “Ya Allah Aku Ikhlas Juara 1’ setatus itulah yang saya tuliskan di BBM sebelum lomba. Waktu yang kami tunggupun tiba, kami bertemu lagi dievent lain yang diselenggarakan oleh Kemristekdikti untuk tingkat Jateng, kali ini kami yang bisa menterjemahkan kata-kata itu, “Juara itu 1”. Piala Juara 1 dan penghargaan piala dari Gubernurpun berhasil kami bawa pulang, dan pak Rossy dan tim hanya bisa gembira dijuara 3. Tak mau hanya sebagai penggembira tantanganpun dating lagi dievent Nasional yang juga diselenggarakan Kemristekdikti di Jogjakarta.

            “Ya Allah Aku Ikhlas Juara 1 lagi”, setatus yang sama saya tulis lagi di BBM sebelum lomba di yogjakarta. Semangat “Juara itu 1”, selalu ada didada ini, tak tanggung-tanggug kali ini kepala Sekolah kami pun rela berpanas-panasan seharian mendampingi tim kami berjuang di Yogjakarta. Pak Rossy pun sadah dating duluan disana, salam sapapun kami sampaikan, “Juara itu 1 pak!”, sapa kami. Motto kami, “Kami Datang, Kami Berjuang, Kami Menang!” pun selalu ada pada diri kami sebagai seorang yang pantas jadi juara. Hasil akhir pak Rossy dan timpun harus bisa menerima kegembiraan dijuara 2. Alhamdulillah kami Juara 1 lagi, bahkan dari 3 piala yang ada kami membawa pulang 2 piala juara 1 dan 3.

            “Ya Allah Aku Ikhlas Juara 1 lagi”, malu rasanya berkata dan menuntut orang lain juara sedang kita sendiri tidak juara, dan ingat “Juara itu 1”. Setatu ketiga dengan kalimat yang sama saya tuliskan di BBM, kali ini sebelum berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Lomba Kreativitas Guru Nasional 2015 yang diselengarakan Kemdikbud. Alhamdulillah dari peserta se-Indonesia yang mengirimkan berkas saya masuk 20 besar sebagai finalis nasioanal.
Untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut saya harus mengikuti serangkaian seleksi lagi untuk disebut sebagai juara.

Dari test psikologi, pedagogic dan profesional kami lakukan dulu sebelum test terkhir presentasi dan wawancara dihadapan 5 penguji yang hebat-hebat. Rasa “juara itu 1”, masih ada didada ini. “Ya Allah Aku Ikhlas juara 1 lagi”, doa itupun yang tidak terlewat diselesai Sholat. Alhamdulilah setelah pengumuman, “Juara 1 LKG 2015 kategori SMP Sains, Mulyono, S.Si SMP IT PAPB Semarang”, Suara itu terdengar menggema di Ballroom Kemdikbud Jalan Jendral Soederman 56 Jakarta. Alhamdulillah Juara 1 lagi menjadi kenyataan, dan kali ini saya sendiri yang mengalami. Setelah itu pun berbagai juara 1 telah saya lakoni berkali-kali. Semoga begitu pula dengan anda! Aamiin.

No comments: