Tuesday, October 22, 2019

Garut: Dari Selatan Hingga Utara Membuat Jatuh Cinta

"Silakan kunjungi sendiri Garut Selatan, karena susah untuk mengutarakan keindahannya"

          Hmmm kiranya hanya kalimat itulah yang cocok untuk menuangkan rasa kagum atas keelokan bentang alam Garut. Jajaran garis pantai nan indah menjadi daya tarik tersendiri untuk senantiasa dikunjungi. Saat membuka peta wisatanya, makin pula kita ingin mengunjunginnya. Makin banyak kita menjelajahinya, makin pula rasa cinta kita untuk senantiasa ke sana. Sungguh keindahan bentang alam Garut dari selatan hingga utara mampu membuat jatuh cinta kepada siapa saja yang pernah mengunjunginya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat video berikut yang merupakan keindahan Garut dari selatan hingga ke utara yang terangkum dalam 43 Destinasi Wisata Garut:

Video 43 Destinasi Wisata Garut (Sumber: www.wisatalengkap.com)

          Kabupaten seluas 306.519 Ha ini dikaruniai garis pantai nan indah di bagian selatan, ditambah berbagai destinasi wisata alam pegunungan yang melengkapinya hingga ke bagian utara. Hal tersebutlah yang membuat daerah ini mendapat julukan Swiss Van Java oleh Hindia Belanda kala itu. Berdasar hal tersebut pulalah membuktikan bahwa pesonanya memang membuat siapapun jatuh cinta padanya. Tak terlewat presiden pertama kitapun sampai-sampai memberi julukan khusus (Kota Intan) untuk daerah yang satu ini. Selain hal tersebut Gurilaps yang dimilikinya membuat setiap orang ingin kembali kesana. Gurilaps dalam bahasa Sunda sendiri berarti gumerlap / kemilau dan bersinar, merupakan kependekan dari Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Seni dan Budaya. Nah tentu kalau sudah lihat seperti itu, obyek wisata terlengkap di Indonesia pastilah dimiliki oleh Garut. Berikut penulis sampaikan 3 alasan yang membuat  kita perlu berwisata ke Garut.


Pantai Selatan Garut nan Eksotis
       Garut Selatan memang memiliki keunikan tersendiri. Dari mulai komoditi batu akiknya yang fenomenal, hingga untaian pesisirnya yang Iuar biasa eksotis. Akan tetapi dapat dikatakan, bahwa salah satu anugerah alam terbesar yang dimiliki masyarakat Garut Selatan adalah batas selatannya yang langsung menghadap ke Samudera Indonesia dengan garis pantai terpanjang di Jawa Barat. Terdapat tujuh kecamatan yang memiliki kawasan pantai dari barat ke timur berturut-turut Caringin, Bungbulang, Mekarmukti, Pakenjeng, Cikelet, Pameungkeuk dan Cibalong. 
Peta Wisata Sebagian Pantai dari tujuh Kecamatan Garut Selatan (Sumber: Peta Wisata Discover Garut)
Pantai-pantai Garut Selatan ini tidak hanya indah tetapi juga unik. Untuk melihat keunikannya berikut  penulis ulas beberapa pantai yang terbilang unik di Garut Selatan.


a.     Pantai Sagang Heulang
Pantai Sagang  Heulang (Sumber:  jejakpiknik.com)
           Salah satu keunikan pantai Sagang Heulang adalah bahwa air laut malah turun ke sungai. Hal ini karena adanya muara sungai citarum yang begitu besar sebagai pembatasnya. Jembatan gantung tua juga terdapat di pantai ini. Jembatan ini dulunya difungsikan untuk menyeberang secara langsung ke Pulau Santolo yang terpisahkan oleh sungai Cilauteureun. Namun karena usia jembatan tersebut untuk menyeberang ke sana sekarang harus dibantu dengan perahu kecil untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan
Dalam bahasa Sunda kata Sayang Heulang secara harfiah berarti Sarang Kelelawar, sehingga diartikan sebagai bentangan pantai yang panjang atau pantai yang membentang panjang. Setidaknya butuh setengah hari untuk menyusuri Pantai Sayang Heulang. Bentanganya yang cukup luas dan panjang membuat pantai ini membentuk lapangan yang dapat dimanfaatkan untuk bermain bola maupun poli pantai bagi mereka yang menyukai olahraga tersebut ataupun sekedar bermain pasir di pantai. So siapkan juga bola ya kalau ingin berkunjung ke pantai yang satu ini.

b.    Pantai Santolo
Gambar Pulau Santolo (Sumber: digarut.com)
Pantai Santolo memiliki banyak tempat unik yang harus dijelajahi. Salah satunya ada Pulau Santolo nan eksotis. Dengan menyeberanginya dengan fasilitas perahu kecil yang bertarif 4 ribu rupiah per orang untuk perjalanan bolak-balik kita sudah bisa menjelajahi tempat ini. Bekas dermaga rusak di ujung pulau ini dapat kita susuri pula hanya dengan berjalan diatas karang sambil menikmati serunya main air pantai hingga ke ujung Pulau. Pemandangan yang lebih memukau dari pulau ini adalah adanya karang yang menjulang tinggi yang terbentuk secara alami. Tidak cukup berhenti disitu hamparan pasir putih juga tersaji indah di pantai ini selain ombaknya yang lebih tenang akibat teredam oleh bekas dermaga dan karang yang ada.

c.     Pantai Cicalobak
Pantai Cicalobak (Sumber: pasirpantai.com)
        Nuansa tanah Lot bali akan terasa jika kita mengunjungi pantai yang satu ini.  Pantai Cicalobak merupakan salah satu pantai yang menyuguhkan hamparan karang dan debur ombak kencang yang setiap beberapa detik menghantam. Hal ini mirip Tanah Lot di Bali akan tetapi tanpa Pura di atasnya, namun suasana seperti Pura tersebut tergantikan oleh adanya saung-saung kecil tempat berteduh sambil menikmati suasana indahnya pantai. Yang membuat menarik juga dari Pantai Cicalobak adalah teluk kecil dari gugusan karang dan ombak yang secara periodik menerjangnya sehingga menambah riuh suasana pantai lebih terasa. Gugusan karang ini pula bentuk hingga ke seberang yang juga terdapat muara sungai yang langsung jatuh ke atas karang. Hal itu jugalah yang menambah keunikan tersendiri bagi pantai ini. 

Bentang Alam Garut
          Sedangkan alasan kedua tentu adalah karena keindahan alam pegunungan dan bukit yang ada di Garut. Kedua obyek tersebut membentang hingga ke utara Garut. Hal inilah yang tentu membuat kita lebih jatuh cinta lagi padanya. Terlebih bagi para petualang yang suka akan keindahan pegunungan dan puncak gunungnya dengan kebiasaan mereka mendaki gunung. Adapun gunung yang berada di Garut diantaranya Papandayan, Cikuray, Guntur, Kendang dan Telaga Bodas serta menurut sumber lain jajaran gunung dan pegunungan yang ada di sana jumlahnya mencapai angka 400. Tentu dari setiap gunung tersebut mempunyai cerita tersendiri serta keunikannya yang semakin membuat para pendaki jatuh cinta. Berikut salah satu keindahanya yang membuat kita ketagihan untuk selalu menikmati indahnya.
Gunung Papandayan dengan kolam pemandiannya (Sumber: gunung.id)
Demikian itulah kiranya sedikit gambaran hamparan keindahan Kota Garut yang bisa dikatakan hampir setiap jengkal tanahnya selalu menyuguhkan keindahan. Tentu hal itu pula yang akan membuat kita jatuh cinta padanya dan senan tiasa ingin selalu kembali kesana. Dan selayaknya pula kita wajib mensyukurinya, tidak hanya menikmatinya tetapi tentu juga harus merawat dan menjaga kelestariannya hingga keindahannya dapat kita dan ank cucu kita kelak selalu bisa menikmatinya. Semoga!


Referensi:
1. E-Majalah Discover Garut 1-4
2. https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-di-garut-terbaru/
3https://digarut.com/pantaisantologarut.html
4. https://www.jejakpiknik.com/pantai-sayang-heulang/
5. http://www.pasirpantai.com/?s=cicalobak
6. https://gunung.id/gunung-di-garut/

No comments: