Tuesday, January 29, 2019

SEAMEO: Virtual Converence Indonesia Batch 2 (Sukseskan Pendidikan 4.0 di Indonesia)


VCI6- Senang rasanya mendapat kesempatan bergabung untuk belajar bersama guru-guru hebat seluruh Indonesia. Total pendaftar yang hampir menyentuh angka 4000 memberikan catatan tersendiri bahwa semangat seorang guru untuk terus belajar belumlah padam, karena ditangan merekajugalah kedepannya yang akan menjadi faktor penentu mutu pendidikan di Indonesia. Terlebih diera pendidikan 4.0 ini. Semangat haus akan ilmu, untuk terus belajar dan saling berbagi pengalaman maupun praktek baik dari masing-masing guru yang tergabung dalam peserta seleksi calon kooedinator diklat daring atau yang nantinya di sebut Virtual Convernce Trainer ini yang akan membangun iklim untuk terus belajar dikalangan para pendidik. Untuk itu panitia dalam kesempatan ini akhirnya membagi menjadi 15 regional atau kelompok, dan dalam kesempatan kali ini penulis tergabung pada VC Indonesia 6 regional Jawa Tengah.
Alhamdulillah genap seminggu mengikuti kegiatan ini, penulis merasa senang karena dapat menimba banyak ilmu baru dari berbagai latar belakang ilmu. Terlebih seluruh penugasan sudah terampungkan semuanya di minggu pertama. Harapan kedepannya tulisan ini bisa menjadi gambaran bagi peserta yang ingin bergabung di VCI batch 3 tahun 2020 mendatang.
“Lantas apa saja sih yang dijadikan penugasan bagi para peserta seleksi dalam VCT ini?”
“Yup…” setiap peserta seleksi diwajibkan untuk bisa memenuhi 2 kali sebagai Pemateri/Presenter, 2 kali sebagai Host dan 2 kali sebagai Moderator, tentu lengkap dengan rekap absensi, flayer untuk promosi/publikasi, serta link uploadtan materi presentasi serta rekaman video selama presentasi berjalan yang telah diupload ke youtube. Sebagai gambaran berikut tugas dari Pemateri, Host dan Moderator:
    1.    Tugas Pemateri/Presenter:
Memaparkan Materi dengan Singkat Padat dan Berisi
Menjawab Pertanyaan Peserta vicon
Mengakhiri kegiatan dengan menyampaikan kesimpulan

2.    Tugas Host:
Membuka acara vicon
Memperkenalkan presenter dan moderator
Menyerahkan kegiatan pada moderator
Mengatur tampilan Shoting kamera dan micropone peserta ketika acara berlangsung
Membantu moderator selama acara berlangsung demi kelancaran acara

3.    Tugas Moderator:
Memberikan kesempatan presenter untuk menyampaikan materi
Mengingatkan presenter berkaitan batasan waktu penyampaian materi
Merekap pertanyaan yang ada pada kolom chat dan menyampaikannya pada saat sesi tanya jawab
Mengatur laju tanyajawab saat ada penanya langsung lewat micropone
Mengakhiri kegiatan bersaman presenter dan mempersilakan presenter menyampaikan kesimpulan
Menyerahkan kembali room vicon ke Host untuk mengakhiri kegiatan

Adapun dalam praktek menjalankan tugasnya antara Presenter, Host dan Moderator harus saling koordinasi. Sebagai gambaran dalam batch 2 ini dalam setiap harinya terdiri dari 10 sesi yang dimulai dari pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 21.30 dengan pembagian masing masing sesi 1 jam yang dialokasikan untuk penyampaian materi dan Tanya jawab yang sebelumnya dibuka oleh Host dan di pandu oleh Moderator. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar salah satu contoh flyer jalannya kegiatan dalam satu hari berikut:

Dedangkan jika menghendaki pemateri/presenter bisa membuat flyer khusus untuk kepentingan promosi/publikasi dalam satu tema tertentu.

Terlihat dari dua gambar tersebut tertulis kata Meeting Room, Pasword dan Meeting Link. Nah untuk mengikuti kegiatan online ini sendiri setiap peserta harus menginstal aplikasi Webex. Nah setelah menginstal aplikasi tersebut untuk dapat bergabung kesana setiap peserta harus mengklik joint  atau bergabung dengan memasukan meeting room dan password. Atau dapat mengngeklik langsung di meeting link . Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar tampilan awal webex berikut:

Berikut tampilan webex setelah joint meeting:
Adapun program ini dapat dijalankan baik di HP maupun di laptop. Sedangkan sebagai catatan dalam pelaksanaan online ini berikut catatan kendala saat jalannya diklat berdasarkan pengalaman penulis:
1.    Butuh jaringan internet yang lumayan kuat untuk menjalankan diklat ini mengingat butuh tampilan video dan suara secara online, sehingga apabila terkendala dalam sinnyal tampilan video ataupun suara tidak akan tersambung dengan jelas. Untuk mengurangi resiko tersebut peserta kami anjurkan menggunakan HP.
2.    Kelemahan menggunakan HP jika dibandingkan dengan menggunakan PC atau Laptop adalah hanya di segi tampilan saja. Terkhusus saat menjadi Presenter apabila belum terbiasa menggunakan atau joint sebagai presenter menggunakan HP tentu akan banyak terjadi kendala. Terlebih apabila ada beberapa tampilan presentasi yang tidak support ditampilkan di HP. Untuk itu ujicoba dulu tampilan presentasi anda sebelum memutuskan untuk menyajikannya lewat HP.
3.    Apabila peserta mendapatkan posisi host tetapi terkendala dengan sinyal yang kurang kuat, maka dimungkinkan posisi Host akan berpindah tempat secara otomatis ke peserta yang memiliki sinyal kuat.
4.    Hindari penggunaan HP dan Laptop dengan posisi spiker keduanya sama-sama on, kalau tidak ingin terjadi feedback suara yang memekakkan telinga.
5.    Kecuali Presenter, Host dan Moderator seyogyanya memasang micropone pada mode mute untuk menghindari ganguan suara akibat feedback suara.
6.    Kurang lancarnya hal-hal tersebut memungkinkan pula dampak terhadap gagalnya merekam saat jalannya kegiatan dengan menggunakan program atau aplikasi perekam layar. Ingat hal ini menjadi penugasan! Kekompoka tim akhirnya sangat dibutuhkan disini. Usahakan lebih dari satu peserta yang melakukan perekaman saat jalannya kegiatan untuk menghindari gagalnya pengambilan video rekaman.
Therakhir setelah semua penuggasan dalam kegiatan anda jalankan jangan ketinggalan upload semua keperluan dalam bentuk link sebagai bahan laporan akhir ke panitia sesuai yang diinginkan panitia. Tunggu hasil dan anda siap mendapatkan sertivicat sebagai Virtual Converence Coordinator.
Berikut contoh laporan yang dibuat dalam bentuk link, youtube dan google drive
Tugas :
a.      Moderator
1. Minggu 20 Januari 2019 jam 08.00-09.00 WIB
2. Senin 21 Januari jam 15.30-16.30 WIB
c.      Host: Tanggal Minggu 27 Januari Sesi 3 dan Sesi 6
d.      Penyaji/ Presenter
1.      Tanggal 26 Januari 2019 sesi 7
2.      Tanggal 27 Januari 2019 sesi 8
Tgl 27 https://youtu.be/lCHxVNLTjeY   link ppt https://drive.google.com/open?id=1xWjeDu2kixevd05Q9TFnUD8VHyI9Io5A 
tgl 26 https://youtu.be/Wp1FuAbfVx0 link ppt https://drive.google.com/open?id=1iykohpvFPVMNzlw53XczfMZudGmcDreI
dengan catatan link tersebut dapat juga di singkat menggunakan bit.ly atau gg.gg
Salam Sukses dan semangat berbagi!

No comments: